Rabu, 19 Maret 2014

Metodologi Penelitian

TUGAS AKHIR
Judul
Analisis QoS Dan Throughput Layanan VoIP Dan   Layanan Data Pada Jaringan WDS Star Dan Jaringan WDS Mesh.

Latar Belakang
Pada era globalisasi sekarang ini perkembangan komunikasi nirkabel semakin berkembang pesat. Bukan berarti komunikasi wired ditinggalkan begitu saja, ada beberapa hal yang menjadikan komunikasi nirkabel lebih menjadi pilihan ketimbang wired. Bisa dari praktis dari segi instalasi, segi harga yang relatif murah atau juga karena fleksibilitas yang bisa diinstal di mana teknologi wired tidak dapat dilakukan. Salah satu teknologi komunikasi nirkabel adalah Wireless LAN. Wireless LAN merupakan teknologi yang memungkinkan melakukan komunikasi menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel.
Salah satu arsitektur WLAN adalah Basic Service Set (BSS), yaitu client dapat berkomunikasi dengan client lain dengan terhubung pada sebuah access point. Pada kenyataannya arsitektur ini memiliki kelemahan, semakin jauh jarak client dengan access point kualitas komunikasi akan berkurang. Ada juga arsitektur lain yang memiliki kemampuan lebih luas, yaitu Extended Service Set (ESS). Arsitektur ini memungkinkan beberapa BSS dapat overlap atau dapat berhubungan dengan arsitektur BSS lain dengan sebuah sistem distribusi. Arsitektur ESS ini bisa dirancang dengan mengoneksikan antar access point dengan kabel atau secara nirkabel. Wireless Distribution System (WDS) merupakan salah satu cara pendistribusian secara nirkabel. Dengan mendistribusikan access point utama menggunakan WDS maka jarak jangkauan access point akan bertambah. Sama seperti dengan topologi jaringan kabel, WDS juga bisa dirancang secara star dan mesh.
Dalam tulisan ini penulis memanfaatkan sistem WDS untuk layanan VoIP dan layanan data. Masalah yang muncul adalah ketika access point utama melakukan pendistribusian data ke access point WDS, throughput yang diterima client pada access point WDS tidak sama dengan throughput yang diterima langsung pada access point utama. Begitu juga dalam hal QoS-nya. Dari poin masalah tersebut penulis memilih judul tugas akhir “Analisis QoS dan Throughput Layanan VoIP dan Layanan Data pada Jaringan WDS STAR DAN Jaringan WDS MESH.

Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan bahwa:
1.    Bagaimanan merancang dan mengonfigurasi Jaringan WDS Star;
2.    Bagaimanan merancang dan mengonfigurasi Jaringan WDS Mesh;
3.    Bagaimana QoS dan throughput VoIP dan layanan data pada Jaringan WDS Mesh dan Jaringan WDS Star.

Tujuan
Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui QoS dan throughput layanan VoIP dan layanan data yang didistribusikan oleh access point melalui jaringan WDS baik pada topologi mesh maupun star.

Pembatasan Masalah
      Adapun pembatasan masalah dalam tugas akhir ini adalah:
1.    Menggunakan tiga buah access point untuk merancang Jaringan WDS Mesh dan Jaringan WDS Star;
2.    Menggunakan server VoIP yang telah tersedia;
3.    Tidak membahas mendalam pada sistem VoIP;
4.    Analisis QoS dan throughput pada layanan VoIP dan layanan data pada Jaringan WDS Mesh dan Jaringan WDS Star.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar