Selasa, 17 Juni 2014

Analisis Penelitian

Secara linguistik, analisis adalah kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam. Menurut para ahli, analisis didefinisikan sebagai berikut.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

Anne Gregory
Analisis adalah langkah pertama dari proses perencanaan.

Wiradi
Analisis adalah aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya dan ditaksir maknanya.

Komarudin
Analisis adalah kegiatan berpikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga dapat mengenal tanda-tanda komponen, hubungannya satu sama lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan terpadu.

Tahapan Analisis

Dari definisi tersebut, kegiatan analisis dapat disusun dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Tahap mengumpulkan data, dilakukan melalui instrumen pengumpulan data.
2. Tahap editing, yaitu memeriksa kejelasan dan kelengkapan pengisian isntrumen pengumpulan data.
3. Tahap koding, yaitu proses identifikasi dan klasifikasi dari setiap pertanyaan yang terdapat dalam instrumen pengumpulan data menurut variabel-variabel yang diteliti.
4. Tahap tabulasi data, yaitu mencatat atau entri ke dalam tabel induk penelitian.
5. Tahap pengujian data, yaitu mengujia validitas dan realibilitas instrumen pengumpulan data.
6. Tahap mendeskripsikan data, yaitu tabel frekuensi dan/atau diagram, serta berbagai ukuran tendensi sentral maupun ukuran dispersi, tujuannya memahami karakteristik data sampel penelitian.
7. Tahap pengujian hipotesis, yaitu tahap pengujian terhadap proposisi-prosposisi yang dibuat apakah proposisi tersebut ditolak atau diterima, serta bermakna atau tidak.

Fungsi Analisis

Ada beberapa hal penting yang menjadikan analisis atas suatu masalah menjadi sesuatu yang penting, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Analisis diperlukan sebagai upaya untuk mengenali dan proses identifikasi dari permasalahan yang ada pada penelitian yang dilakukan.
2. Analisis diperlukan untuk bisa memberikan keterangan secara spesifik dan terperinci mengenai hal-hal yang akan dicapai dalam upaya memenuhi kebutuan dari obyek penelitian.
3. Analisis yang tepat akan mempengaruhi kesimpulan sebuah penelitian.
4. Hasil analisis akan digunakan sebagai dasar untuk melakukan sebuah tindakan yang memiliki nilai lebih pada obyek penelitian.
5. Analisis akan dibutuhkan sebagai media untuk mencari jalan alternatif atas permasalahan yang ditemukan dalam penelitian tersebut.
6. Analisis merupakan tahapan awal dalam proses perencanaan serta penerapan rancangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan dari obyek penelitian.

Daftar pustaka
http://www.anneahira.com/pengertian-analisis.htm
http://fattakhy.blogspot.com/2011/01/pengertian-analisis-data.html
http://file.upi.edu/Direktori/FPEB/PRODI._MANAJEMEN_FPEB/196006021986011-SURYANA/FILE__7.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar