Kamis, 06 Maret 2014

Masalah teknis yang dihadapi dalam pembuatan proposal tugas akhir

Dalam pembuatan proposal tugas akhir, seyogyanya disesuaikan dengan jenjang pendidikan apakah D3 atau D4. Perbedaan yang ketara adalah ada tidaknya analisis dalam pembuatan tugas akhir tersebut. Sebagaimana D3 hanya membuat proyek dengan tanpa menghiraukan adanya analisis, berbeda dengan tugas akhir bagi jenjang D4 analisis meerupakan suatu acuan yang pasti dalam membuat tugas akhir. Apakah suatu sistem ataupun rancang bangun itu memiliki suatu yang bisa menjadi bahan perbandingan, perumusan, solusi, atau hal lain yang bisa dijadikan suatu analisis perancangan tugas akhir tersebut.
Judul tugas akhir yang penulis buat adalah RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN KHITAN BERBASIS ANDROID DAN SMS GATEWAY. Masalah yang timbul dari perumusan proposal tersebut adalah dimana letak titik analisis dari sistem, analisis yang timbul adalah analisis non-teknis yang menjadi kelemahan dari sistem. Tidak ada variabel yang bisa dijadikan perbandingan atau pokok bahasan setelah terciptanya sistem dan pengujian yang akan dilakukan.
Jika-pun ada, analisis yang bisa diangkat seperti perbandingan antara kinerja pendafataran sebelum ada sistem dan setelah ada sistem. Parameter seperti keakuratan, keefektifan hanya menjadi parameter uji saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar