Rabu, 19 Maret 2014

Langkah-Langkah Penelitian

Judul
Analisis QoS Dan Throughput Layanan VoIP Dan   Layanan Data Pada Jaringan WDS Star Dan Jaringan WDS Mesh

1. Mengidentifikasi, memilih, dan merusmuskan masalah
    Teknologi komunikasi nirkabel telah menjadi pilihan lain ketimbang teknologi komunikasi kabel, ada beberapa keuntungan yang dapat dirasakan ketika menggunakan teknologi komunikasi nirkabel ini, seperti kemampuan mobilitas yang tinggi, fleksibelitas, biaya lebih murah, dan scalable. Teknologi nirkabel ini adalah WLAN. Teknologi nirkabel juga memiliki topologi yang sama dengan teknologi kabel, sepert mesh dan star. Layanan seperti VoIP dan data juga dapat dilewatkan menggunakan teknologi nirkabel ini. Apalagi dengan adanya arsitektur dari teknologi nirkabel yang memungkinkan perluasan jaringan akses, dengan menggunakan WDS.

2. Menyusun kerangka pemikiran
    a.  Mencari literatur/bahan bacaan yang berhubungan dengan perancangan jaringan WDS dan VoIP berupa buku, jurnal penelitian, karya ilmiah, serta software yang digunakan untuk mendukung pembuatan tugas akhir ini.
    b. Melakukan observasi untuk memperoleh informasi dan data-data langsung dari hasil pengamatan yang dapat mendukung dalam pembuatan tugas akhir.
    c. Melakukan perancangan dan pembuatan jaringan.
    d. Melakukan pengujian pada jaringan yang telah dibuat serta menguji parameter yang mempengaruhi kinerja dari sistem tersebut.
    e. Melakukan analisis data yang diperoleh dari hasil pengujian.

3. Merumuskan hipotesis
    Dengan memanfaatkan WDS pada teknologi komunikasi nirkabel WLAN, jangkauan akses layanan VoIP dan data akan semakin luas.

4. Menguji hipotesis secara empirik
    Implementasi sistem WDS pada tugas akhir sebelumnya menghasilkan suatu sistem yang berhasil dan bisa direalisasikan, dengan sistem WDS, layanan VoIP dan data dapat dilewatkan di dalamanya.

5. Melakukan pembahasan
    Pembahasan disini adalah bagaimana kinerja layanan VoIP dan data yang dirasakan para client yang ada pada area jaringan WDS. Client yang sedang merasakan layanan dapat melakukan analisis kinerja QoS dan throughput menggunakan aplikasi monitoring.

6. Menarik kesimpulan
    Kesimpulan diambil setelah mendapat data yang cukup dari hasil monitoring layanan pada client. Data yang telah didapat nantinya akan dianalisis dengan parameter-parameternya, lalu diambil beberapa kesimpulan dari analisis tadi.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar